Array dalam Flash
Array adalah suatu kumpulan data yang bertipe sama. Contoh array nama-nama hari berisi (“minggu”, “senin”, “selasa”, “rabu”, “kamis”, “jumat”, “sabtu”). Dalam flash untuk membuat sebuah array terdapat 2 cara yaitu:
variabel = new Array();
Action new dalam flash merupakan sebuah perintah untuk membuat obyek baru. Karena new diikuti oleh Array(), berarti kita membuat obyek baru bertipe array. Contoh aplikasi penggunaan action newArray(); adalah sebagai berikut :
namaHari = new Array(“minggu”, “senin”, “selasa”, “rabu”, “kamis”, “jumat”, “sabtu”);
trace(namaHari[1]);
Hasil program diatas adalah SENIN, hal ini dikarenakan perhitungan dimulai dari angka 0.
Sedangkan cara kedua adalah
variabel = [ ]
Dalam flash simbol [ ] dapat digunakan untuk menyatakan beberapa hal, salah satunya adalah untuk mengeset sebuah nilai array. Contoh :
namaHari = [“minggu”, “senin”, “selasa”, “rabu”, “kamis”, “jumat”, “sabtu”];
trace(namaHari[1]);
Script tersebut menghasilkan nilai yang sama dengan script sebelumnya.
[edit]
Dimensi Array
Array memiliki sebuah dimensi atau kedalaman. Yang paling umum digunakan adalah array berdimensi satu dan aray berdimensi 2. Contoh array berdimensi 1 adalah sebagai berikut :
namaHari = [“minggu”, “senin”, “selasa”, “rabu”, “kamis”, “jumat”, “sabtu”];
Sedangkan array berdimensi dua adalah sebagai berikut :
pola = [[1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1],
[0, 1, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 1, 0],
[0, 0, 1, 0, 1, 0, 1, 0, 1, 0, 0],
[0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0]]
Tips : Untuk memahami dimensi array, cukup dengan melihat berapakah jumlah simbol [ di awal pengesetan array.
Penggunaan array sangat bervariasi dan salah satunya array sangat bermanfaat dalam proses pembuatan tiling game.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar
Posting Komentar